Bagaimana Native Speaker Menjawab "Thank you" Dalam Bahasa Inggris?

Kita semua pasti pernah mendengar ungkapan "Thank you" dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, apakah kita hanya bisa menjawab dengan "You're welcome"? Tentu saja tidak Tapasya, ada banyak cara seru untuk merespon ungkapan terima kasih. Siap nambah vocab bahasa Inggris kamu? Mari kita mulai!

1. You're welcome (Sama-sama)

Ini adalah cara yang paling umum untuk menjawab terima kasih. Meski sederhana, gaya jawaban ini tetap terasa manis dan sopan. 

Contoh:

A: "Thank you for helping me carry these heavy bags."

B: "You're welcome! I'm happy to assist you."


2. No problem (Tidak masalah)

Jawaban ini memberikan kesan bahwa bantuan yang diberikan adalah sesuatu yang ringan dan mudah. Ungkapan ini juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Contoh:

A: "Thank you. I'll return it to you right after I'm done."

B: "No problem. Take your time."


3. Anytime (Kapan saja)

Ketika ingin menunjukkan bahwa kamu selalu siap membantu, kamu bisa menjawab dengan "Anytime!" Jawaban ini memberikan kesan bahwa kamu selalu ada untuk mereka.

Contoh:

A: "Thanks for giving me a ride home."

B: "Anytime! I'm always here to help."


4. "My pleasure" (Senang bisa membantu)

Jika kamu merasa senang bisa membantu seseorang, kamu bisa menjawab dengan "My pleasure." Jawaban ini menunjukkan bahwa kamu dengan senang hati memberikan bantuan tersebut.

Contoh:

A: "Thank you for the delicious meal."

B: "My pleasure! I'm glad you enjoyed it."


5. Don't mention it (Tidak perlu disebutkan)

Jika kamu ingin menunjukkan bahwa bantuan yang diberikan adalah hal yang biasa atau tidak terlalu penting, kamu bisa menjawab dengan "Don't mention it" sebagai cara santai untuk merespons ungkapan terima kasih.

Contoh:

A: "Seriously, thank you. You saved me so much time and effort."

B: "Don't mention it. Helping friends is what we do."


Ingat, ketika menggunakan ungkapan di atas, pastikan untuk melihat konteks dan hubungan dengan orang yang kamu ajak bicara. Penggunaan bahasa yang santai lebih cocok dalam lingkungan yang informal, seperti teman-teman dekat atau saudara. Tetaplah sopan dan hargai situasi yang lebih formal dengan menggunakan ungkapan seperti "You're welcome" atau "My pleasure".

Jangan takut mencoba hal-hal baru. Makin sering kamu menggunakannya, maka kamu akan Makin terbiasa dan mahir dalam bahasa inggris. Tetap semangat, ya! Have a great day!

Komentar